Rabu, 11 Desember 2013

Edwin Ray Guthrie





Edwin Ray Guthrie lahir pada 1886 dan meninggal pada 1959. Dia adalah profesor psikologi di University of Washington dari 1914  sampai pensiun pada 1956. Karya dasarnya adalah The Psycholoy of learning, yang dipublikasikan pada
1935 dan direvisi pada 1952. Gaya tulisannya mudah diikuti, penuh humor, dan menggunakan banyak kisah untuk menunjukan contoh ide-idenya. Dia sebenarnya bukan eksperimentalis meskipun dia jelas punya pandangan dan orientasi eksperimental. Tetapi, dia jelas seorang behavioris.




Guthrie mengusulkan satu hukum belajar, Law of Contiguity (hukum kontiguitas), yang dinyatakan sebagai berikut: “Kombinasi stimuli yang mengiringi suatu gerakan akan cenderung diikuti oleh gerakan itu jika kejadiannya berulang. Perhatikan bahwa disini tidak dikatakan tentang “gelombang konfirmasi” atau penguatan atau efek menyenangkan.” Kata “cenderung” dipakai di sini karena perilaku subjek selalu bervariasi menurut kondisi. “Tendensi-tendensi” yang saling bertentangan atau “tendensi-tendensi” yang tidak kompatibel selalu ada. Menurut Gutrie belajar adalah hasil dari kontiguitas anatara satu pola stimulasi dengan satu respon, dan belajar akan lengkap hanya setelah penyandingan antara stimuli dan respon. Gutrie juga mengatakan bahwa respons yang dilakukan terakhir kali dihadapan seperangkat stimuli adalah respons yang akan dilakukan ketika kombinasi stimuli itu terjadi lagi di waktu lain. Guthrie menggunakan isu yang dibahas Thorndike yang menjadikan revisi hukum efek sebagai dasar teorinya. Menurut Thorndike, ketika satu respon menimbulkan keadaan yang memuaskan, probabilitas terulangnya respon akan meningkat. Sedangkan menurut Guthrie, penguatan hanyalah arasemen mekanis, yang dianggapnya bisa dijelaskannya dalam hukum belajarnya. Menurut Guthrie, penguatan mengubah kondisi yang menstimulasi dan karenanya mencegah terjadinya nonlearning.




Menurut Guthrie penerimaan atau penolakan guru pada teori disiplin formal dalam transfer, elemen identik atau generalisasi penjelasan, akan tercermin di sejumlah praktik mengajar sehari-hari. Materi yang diberikan guru jelas memberi bukti adanya penerimaan aktual, atau verbal, terhadap doktrin disiplin formal. Maka tujuan dari pendidikan hanya sekedar menyampaikan isi pelajaran tertentu; metode pengajaran dan usaha untuk menghubungkan isi pelajaran dengan kebutuhan para pembelajar menjadi soal sekunder. Siswa harus menyesuaikan diri dengan ketentuan mata pelajaran dan harus menjalani peran pasif. Asosiasi antara stimuls dan respons terjadi hanya karena keduanya terjadi bersama-sama. Asosias itu dapat berupa antara stimuli eksternal dengan respons  nyata atau antara stimuli yang diproduksi gerakan dengan respons nyata.




Saran Gutrie tentang belajar adalah selalu mempraktikan perilaku yang persis sama yang akan diminta kita lakukan nanti; selain itu, kita harus melatihnya dalam kondisi yang persis sama dengan kondisi ketika nanti kita akan diuji. Jika kita menggunakan informasi ini di luar situasi ujian, kita harus keluar dari kelas dan mengasosiasikan stimuli lain dengan perilaku kita yang dipicu oleh buku atau pelajaran dari dosen. Gutrie mengatakan “Adalah penting bagi siswa untuk dibimbing dalam melakukan apa yang akan dipelajari… siswa tidak belajar apa-apa yang ada di dalam buku atau perkuliahan. Siswa hanya belajar apa-apa yang ada di buku atau kuliah yang menyebabkan berbuat sesuatu.”




Evaluasi




Guthrie dalam penegasannya belajar berasal dari kontiguitas antaa stimuli dan respons dan dari kontiguitas.Teori guthie menyediakan penjelesan altenatif yang penting mngenai belajar. Teori ini befungsi sebagai pengingat bahwa suatu teori tidak harus sangat ruwet untuk menjelaskan perilaku yang kompleks.




Kritik




Berdasarkan pendapat poper yang prihatin sengan teori- teori yang tampaknya dapat menjelaskan segala sesuatu kita mencatat bahwa ada siyuasi dimana pendapat Guthrie menjadi ambigu dan terlalu menggampangkan penjelasan terlalu banyak fenomena.




 




 




 




 




 




 




 




 




 




 




 




 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar